Sabtu, 22 Februari 2014

Pengaruh Penerapan Media Gambar Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Semen Padang


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam prose pendidikan belajar di sekolah belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan ditentukan oloeh dimana proses pembelajaran yang dialami peserta didik, sehingga untuk mencapai berhasil tidaknya proses pembelajatran tergantung pada ketepatan guru menggunakan media dalam pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan yang dicantumkan dalam Undang-Undang pendidikan Nasional. Untuk mewujudkan pendidikan merupakan prioritas utam dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mengisi Pembangunan Nasionalsehingga terwujudnya masyarakat adil dam makmur.
Media dapat menimbulkan sikap positif peserta didik terhadap materi dalam proses pembelajaran dengan media proses pembelajaran menjadi lebih menarik sihingga mendorong peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.
Media merupaka alt bantu bagi guru untuk mempermudah siswa mempelajari konsep-konsep yang akan dipelajari dalam berbagai materi pembelajaran. Menurut Sudjana (1989:4) bahwa, “penggunaan media pembelajaran sangat bergantung kepada tujuan pembelajaran, bahan pengajaran, kemudahan memperoleh media yang diperlukan serta kemampuan guru dalam menggunakannya dalam proses pembelajaran”.
Media yang digunakan dalam pembelajaran akan membuat peserta didik belajar lebih aktif dan kreatif untuk menemukan konsep-konsep yang terdapat dalam materi pembelajaran.
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang bersifat terapan yang dianggap sulit oleh peserta didik, tinggat kesulitan ini disebabkan oleh guru yang kurang memakai media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Agar pelajaran Bahasa Indonesia menarik daan verbalisme maka perlunya penggunaan media gambar, disamping mendengar penjelasan guru peserta didik juga dapat melihat sendiri pembelajaran yang akan dipelajari.
Media gambar dapat memotivasi siswa dalam berpuisi sehingga lebih menyenangkan. Penggunaan media yang tepat sesuai dengan meateri pembelajaran akan dapat memberikan motivasi agar timbul kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar dan dapat meningkatkan nilai belajara peserta didik.
B.     Indentifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat di identifikasikan masalah pendidik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Semen Padang. Aspek yang terkait dengan kegiatan kemampuan menulis puisi, yaitu (1) kemampuan berkreatif dalam menulis puisi, (2)  siswa sulit dalam mengembangkan ide-ide karena mereka malas berfikir, apa lagi berfikir mengenai hal-hal yang mengundang imajinasi. (3) kurangnya minat siswa dalam menulis puisi.
C.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dikemukakan rumusan masalah yang akan di pecahkan melalui penelitian kelas X SMA Semen Padang adalah: meningkat kemampuan menulis piusi siswa Kelas X SMA Semen Padang dengan penerapan media gambar.
D.    Tujuan Masalah
Sesuai dengan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini  diharapkan terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar di SMA Semen Padang.
E.     Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini sangat diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, (1) peneliti sendiri, umtuk menjawab pertanyaan yang memang ingin tahu tentang kemampuan menulis puisi siswa dengan penerapan media gambar, (2) pendidik, di bidang Bahasa dan sastra Indonesia, khususnya SMA Semen Padang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Semen Padang, (3) peserta didik, sebagai media dalam memotivasi diri dalam proses pembelajaran keterampilan menulis, (4) peneliti yang lain, sebagai informasi dan perbandingan dalam melakukan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...