Sabtu, 22 Februari 2014

Hubungan Keterampilan Menulis Dengan Kebiasaan Menulis Di Majalah Dinding Siswa Sma 9 Negeri Padang

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sekarang kita berada dalam arus globalisasi yang penuh dengan kemajuan. Kemajuan itu tidak saja dipusatkan pada teknologi tinggi seperti pembuatan dan penggunaan alat-alat mesin yang serba canggih, tetapi juga kemajuan dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah suatu aspek yang sangat menentukan untuk kesejateraan bangsa Indonesia. Dengan pendidikan akan dihasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas salah satu bidang pendidikan yang terus berkembang yang tanpa pernah berhenti adalah bahasa.
Bahasa adalah salah satu alat komunikasi. Melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan (komunikasi) saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, untuk bertukar pendapat, berdiskusi, atau membahas satu persoalan dan meningkatkan kemampuan intelektual. Sebab dengan bahasalah orang dapat mengungkapkan perasaannya baik lisan maupun tulisan. Bahasa juga merupakan saluran perumusan maksud hati, melahirkan perasaan dan menceritakan pikiran manusia. Semua orang akan menyadari bahwa interaksi dan kegiatan dalam masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa.
Sekolah sebagai tempat pelaksanaan pendidikan formal, tentu harus menjadi kunci utama dalam menciptakan siswa yang memiliki suatu ketrampilan. Salah satu ketrampilan yang perlu dimiliki dan perlu ditingkatkan adalah ketrampilan menulis. Dalam pengajaran bahasa terdapat beberapa ketrampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat ketrampilan ini erat sakali hubungannya dengan proses memperoleh ketrampilan bahasa tersebut, melalui urutan tertentu.
Mula-mula di masa kecil manusia belajar menyimak, kemudian berbicara, setelah itu ketika manusia bertambah usianya memperoleh keterampilan membaca dan menulis didapatkan di sekolah (Tarigan, 1986:1).
Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya, semakin terampil seseorang berbahasa, semakin cerah pula jalan pikirannya. Ketrampilan dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktek dan banyak latihan melatih ketrampilan berbahasa berarti melatih pula ketrampian berpikir (Tarigan, 1986:1).
Menulis sebagai aspek berbahasa digunakan untuk berkomunikasi secara tak langsung, tidak secara tetap muka dengan orang lain. Menulis juga merupakan suatu kegiatan produktif dan ekspresif. Sebab ketrampilan menulis tidak datang secara otomatis melainkan harus dipelajari melalui latihan dan praktek.
Untuk melatih ketrampilan menulis di SMA 9 Negeri Padang dalam kegiatan menulis adanya sarana yang disediakan oleh sekolah tersebut berupa majalah dinding yang seterusnya disebut mading. Sarana ini digunakan oleh guru sebagai tempat siswa berkreasi untuk mengeluarkan bakat yang ada, pada siswa dalam bentuk tulisan. Siswa merasa senang menulis di mading, karena mereka merasa karyanya dibaca dan dimiliki oleh orang walaupun itu masih dalam lingkungan terbatas yaitu sekolah. Banyak tulisan yang dibuat oleh siswa di mading seperti: puisi, cerpen, laporan, pantun, informasi, tips, dan lain-lain.
Ketrampilan menulis yang harus dikuasai oleh siswa berdasarkan GBPP SMA (1994:7) terlihat pada tujuan pembelajaran sebagai berikut: Siswa mampu menjaring dan menyerap informasi berupa pengetahuan, gagasan, pendapat, pesan, ungkapan perasaan, saran, pengalaman, peristiwa, dan permasalahan baik lisan maupun tulisan, serta mampu bermanfaat untuk berbagai keperluan.
Sehubungan dengan tujuan pembelajaran menulis di atas, Semi (1990:32) menyatakan “Secara umum tulisan dapat dikembangkan dalam empat bentuk atau jenis, yaitu eksposisi, argumentasi, deskripsi, dan narasi.” Sedangkan yang berhubungan dengan kegiatan menulis di mading adalah narasi. Karena narasi merupakan bentuk percakapan atau tulisan yang bertujuan menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.
Adapun alasan penulis memilih SMA 9 Negeri padang sebagai tempat penelitian, berdasarkan studi pendahuluan penulis terhadap SMA 9 Negeri Padang. kegiatan madingnya kurang produktif, karena setiap satu bulan sekali mading terbit, setiap kelas siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat dalam bentuk tulisan, dan ini dipublikasikan dalam lingkungan sekolah. Kegiatan ini sangat dianjurkan oleh guru agar siswa dapat terampil dalam menulis, hal ini terlihat di SMA Negeri 9 Padang adanya sarana tempat menyalurkan bakat, walaupun itu terbatas pada lingkungan sekolah yang disebut mading.
Sehubungan dengan hal di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Hubungan Ketrampilan Menulis Dengan Kebiasaan Menulis di Majalah Dinding Siswa SMA Negeri 9 Padang.”
B.   Identifikasi Masalah
 Identifikasi masalah pada penelitian ini difokuskan pada ketrampilan menulis eksposisi, argumentasi, deskripsi, narasi dan ketrampilan menulis di majalah dinding SMAN Negeri 9 Padang
C.  Batasan Masalah
 Mengingat banyaknya ketrampilan menulis maka dalam penelitian ini penulis batasi pada ketrampilan menulis narasi dan menulis di mading siswa SMAN Negeri 9 Padang
D. Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara ketrampilan menulis narasi dengan kebiasaan menulis di majalah dinding  siswa Negeri 9 Padang.” Jika dirumuskan secara statistik maka rumusannya adalah sebagai berikut:
E. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan ketrampilan menulis narasi dengan kebiasaan menulis  di majalah dinding Siswa SMA Negeri 9 Padang.
F.  Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini, dapat menambah pengetahuan untuk mempersiapkan diri menjadi calon guru nantinya bagi peneliti sendiri. Bagi peneliti lain, juga berguna untuk memberikan wawasan, pedoman untuk meneliti lebih lanjut dari aspek yang berbeda, dan penelitian ini dapat memberikan wawasan guru serta siswa dalam memperkaya pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian ini juga berguna untuk mempercepat proses belajar siswa dalam menulis.

UNTUK mendapatkan file contoh proposal di atas bab 1 sampai bab 3 silahkan kirim inbox Anda ke sini https://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...