Sabtu, 22 Februari 2014

Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai

BAB I
PENDAHULUAN
A.          Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan alat komunikasi antarmanusia yang satu dengan manusia yang lain. Chaer (1988:2) mengemukakan “Fungsi bahasa yang terutama adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat”. Jadi, bahasa adalah alat yang sangat diperlukan dalam kehidupan sosial.
            Menulis merupakan salah satu kegiatan dalam menyampaikan suatu pesan (gagasan, perasaan, dan informasi) secara tertulis kepada  pihak lain. Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Dari  keempat kegiatan tersebut, kegiatan menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari seluruh kegiatan proses belajar siswa.
Keterampilan menulis pada hakikatnya memproduksi kembali informasi dan ide-ide ke dalam tulisan. Dengan menulis, seseorang dapat menggambarkan pola pikirannya dalam menuangkan informasi dan ide-ide tersebut. Salah satu jenis tulisan yang dapat menggambarkan cara berpikir seseorang adalah narasi. Melalui tulisan narasi siswa dapat menuangkan daya pikirnya terhadap sesuatu yang dianggapnya benar. Siswa akan lebih dapat menjelaskan rangkaian terhadap kebenaran yang akan dikemukakannya. Dalam tulisan narasi, terhadap pernyataan atau pendapat mengenai suatu hal dengan menggunakan data berupa fakta yang kronologis, sehingga bisa dipahami oleh pembaca dengan pernyataan tersebut.

Menulis narasi merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa. Hal ini disebabkan menulis narasi merupakan salah satu meteri yang harus dipelajari siswa. Hal ini sebagai mana tercantum dalam standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) tentang keterampilan menulis. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan adalah keterampilan menulis paragraf narasi. Menulis paragraf narasi diajarkan pada kelas X semester satu dengan Standar Kompetensi (SK) mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. Kompetensi Dasarnya (KD) adalah menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf narasi.
Bagus tidaknya sebuah tulisan narasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan membaca pemahaman siswa. Dari prosesnya, membaca pemahaman dapat dibedakan antara lain: (1) kemampuan membaca pemahaman, dan (2) teknik membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman merupakan proses menunjang membaca pemahaman yang menarik suatu kesimpulan bahwa kemampuan membaca pemahaman adalah membaca dengan kesanggupan atau kecakapan seseorang dalam menerima informasi, memahami, dan mentransformasikan bentuk-bentuk visual/memikirkan lambang-lambang bahasa ke dalam bentuk pengertian yang mendalam, dan prosesnya disebut kemampuan. Sedangkan teknik membaca pemahaman adalah proses membaca pemahaman tingkat pemahaman siswa yang searah dengan prinsip-prinsip belajar yang dianut oleh para ilmu jiwa. Teknik membaca pemahaman lebih berpengaruh terhadap tulisan narasi karena dalam tulisan narasi dimulai dari pernyataan umum kemudian kalimat selanjutnya berusaha membuktikan pernyataan tadi dengan menyebutkan hal-hal khusus.

Menurut Soedarso, dkk (1988:22) membaca pemahaman memiliki langkah yaitu jangan membuat catatan dan membuat tanda-tanda seperti garis bawah pada kata atau pada frase tertentu, karena selesai membaca seringkali salah memilihnya. Kalau memang ada yang menarik atau dianggap penting cukup di beri tanda silang di pinggir halaman buku, selanjutnya di cek kembali. Berdasarkan teori ini penulis meneliti hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis paragraf narasi.
Berdasarkan wawancara yang dilakukan secara nonformal dengan salah seorang guru bahasa dan sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai, ditemui adanya kesulitan yang dialami siswa dalam latihan menulis tulisan narasi. Yang menjadi kesulitan utama bagi siswa dalam menulis adalah mencari ide dan mengembangkan ide. Dari hasil wawancara, didapatkan permasalahan yang dialami siswa dalam mengembangkan membaca pemahaman menjadi sebuah tulisan narasi. Permasalahannya yaitu rendahnya membaca pemahaman siswa, sehingga mempengaruhi siswa dalam menulis narasi.
Permasalahan tersebut, disebabkan kurang minat baca siswa, sehingga mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman. Siswa sulit dalam mengembangkan ide-ide ataupun mempertahankan pendapat. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dalam menulis narasi. Siswa juga kurang mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hal ini bisa dilihat dari pilihan kata yang kurang tepat, kalimat yang kurang efektif, bahkan kurang mampu mengembangkan ide secara teratur dan sistematis, sehingga hal tersebut menjadi kendala dalam pembelajaran menulis.

Banyak siswa yang tidak suka pelajaran menulis karena menganggap menulis merupakan suatu hal yang sulit, sehingga siswa cenderung asal-asalan dalam mengerjakan latihan menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru bidang studi telah berupaya memberikan latihan menulis berbagai jenis tulisan sesuai dengan materi ajar namun masih ditemui siswa yang salah dalam membaca pemahaman.
Kemampuan membaca pemahaman merupakan kemampuan dasar yang dimiliki siswa. Hal disebabkan setiap proses kegiatan belajar mengajar membutuhkan membaca pemahaman yang baik. Dengan kemampuan membaca pemahaman, siswa akan melakukan suatu proses berfikir dan menghubungkan fakta dan data yang ada sehingga pada suatu kesimpulan. Dengan adanya kemampuan membaca pemahaman tersebut, akan berpengaruh terhadap tulisan siswa.
B.     Identifikasi Masalah
            Bedasarkan latar belakang masalah tersebut, dapat diidentifikasi masalah dalam pembelajaran menulis siswa. Pertama, siswa kurang menguasai materi pendukung sebagai modal dasar seperti ejaan, diksi dan penyusunan kalimat secara sistematis. Kedua, siswa sulit mengembangkan ide tulisan karena membaca pemahaman rendah. Ketiga, kurangnya minat siswa dalam menulis narasi. Keempat, siswa kurang berminat membaca tulisan atau karangan sehingga mengembangkan idé atau gagasan dengan membaca pemahaman tidak bisa dilakukan siswa.
 C.     Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, permasalahan penelitian ini dibatasi pada hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai.
D.     Perumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah tersebut, rumusan masalah penelitian ini ada tiga. Pertama, bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedua, bagaimanakah kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ketiga, bagaimanakah hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai.
E.     Tujuan Penelitian
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, dikemukakan tujuan penelitian sebagai berikut. Pertama, menjelaskan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedua, menjelaskan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ketiga, menganalisis hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sioban Kecamatan Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai.
F.      Manfaat Penelitian
            Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi: (1) penulis, menambah pengetahuan
dalam membaca pemahaman, (2) guru dan calon guru, dapat menambah wawasan dan memperkaya pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan (3) penelitian ini, sebagai bahan perbandingan dan dapat melanjutkan penelitian ini dari sudut pandang yang berbeda. 





Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...