Sabtu, 22 Februari 2014

Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemahaman Tajuk Rencana Siswa Kelas Viii Smp 1 Ranah Pesisir


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
            Tajuk rencana adalah kolom dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan opini redaksi terhadap suatu permasalahan yang sedang hangat dibicarakan atau menonjol pada saat media itu terbit. Tajuk rencana disebut juga sebagai karangan pokok yang dimuat dalam surat kabar atau majalah. Tajuk rencana juga sering disebut editorial.
            Setiap surat kabar atau majalah yang terbit hampir selalu menyajikan tajuk rencana mengenai sesuatu yang menjadi berita hangat dalam masyarakat, baik secara nasional maupun internasional. Tajuk rencana mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik yang dibahas. Tajuk rencana dalam surat kabar atau majalah ditulis oleh redaksi. Tajuk rencana berisi permasalahan yang sedang hangat dalam masyarakat dan opini redaksi atas permasalahan tersebut, yang meliputi topik berita, tujuan redaksi, pandangan atau visi dan harapan-harapan redaksi akan peran serta pembaca.
            Dalam tajuk rencana siswa bisa menentukan fakta dan opini. Untuk itu siswa harus mampu berfikir secara kritis.  Berpikir keritis merupakan upaya pendalaman kesadaran serta kecerdasan membandingkan dari beberapa masalah yang sedang dan akan terjadi sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dan gagasan yang dapat memecahkan masalah tersebut. setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda. Akan tetapi, apabila setiap orang mampu berpikir secara kritis, masalah yang mereka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya. Oleh karena itu, manusia diberikan akal dan pikiran untuk senantiasa berpikir bagaimana menjadikannya hidupnya lebih baik, dan mampu menjalani suatu masalah sesulit  apapun yang diberikan kepadanya.
            Kemampuan berpikir kritis membawa siswa untuk bisa melihat sebuah masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Dimana kemampuan berpikir tersebut menuntun siswa untuk bisa menganalisis sebuah fenomena yang terjadi dengan melihat kekuatan dan kelemahan dari keadaan yang ada. Kemampuan berpikir kritis juga menuntun siswa  untuk terus belajar dari setiap hal yang terjadi. Selain itu, siswa menjadi orang pintar saja belum cukup. Agar mampu menghadapi persaingan ke depan, dibutuhkan siswa yang mampu berpikir kritis. Banyak orang mengatakan bahwa salah satu ciri orang pintar adalah mampu berpikir kritis.
            Berdasarkan wawancara yang dilakukan secara nonformal dengan salah seorang guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP 1 Ranah Pesisir , ditemui adanya kesulitan yang dialami siswa dan siswa banyak malas dalam berfikir kritis terhadap pemahaman tajuk rencana. Yang menjadi kesulitan bagi siswa adalah berfikir kritis dalam menentukan fakta-fakta dan opini yang terdapat pada tajuk rencana. Untuk mengatasi masalah tersebut guru bidang studi telah berupaya memberikan latihan tentang cara-cara  berfikir kritis.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat diidentifikasi masalah dalam berfikir kritis siswa. Yaitu siswa kurang mampu  berfikir kritis dalam menentukan fakta-fakta dan opini yang terdapat pada tajuk rencana Siswa Kelas Viii Smp 1 Ranah Pesisir.
C. Pembatasan Masalah
            Agar penelitian ini terarah maka penulis hanya memfokuskan pada berfikir kritis dalam kemampuan pemahaman tajuk rencana Siswa Kelas Viii Smp 1 Ranah Pesisir
D. Perumusan Masalah
            Berdasarkan batasan masalah diatas, maka dapat dirumuskan “bagaiamana kemampuan siswa kelas VIII SMP I Ranah Pesisir dalam berfikir keritis terhadap pemahaman tajuk rencana”
E. Tujuan Penelitian
            Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  kemampuan siswa kelas VIII SMP I Ranah Pesisir berfikir kritis terhadap pemahaman tajuk rencana.
F. Manfaat Penelitian
            Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk:
1.      peneliti sendiri  sebagai bahan akademik dan pengetahuan dalam bidang bahasa dan sastra indonesia.
2.      Untuk guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia dapat dijadikan sebagai sumber belajar khususnya di SMP I Ranah Pesisir.


Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...