BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Bahasa
Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan sangat
penting dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi an menulis. Keempat
keterampilan itu saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Membaca merupakan
suatu proses yang kompleks dan rumit, serta mengindikasikan bahwa kemampuan
membaca itu adalah kemampuan yang spesifik. Menulis merupakan menurunkan atau
melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami
oleh seseorang. Sehingga orang-orang
lain dapat membaca grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran
grafik itu. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam standar kompetensi dan
kompetensi dasar tentang keterampilan memabaca dan menulis.
Keterampilan berbahasa yang akan dibahas yaitu
keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan membaca dan menulis sangat
diperlukan didalam dunia pendidikan. Karena dengan membaca dan menulis
seseorang, khususnya siswa untuk Salah satu contoh yaitu Membaca Karya Sastra
dan Menulis Kreatif Puisi
Membaca
karya sastra merupakan membaca karya sastra yang ditujukan kepada pemahaman
terhadap isinya. Menulis kriatif adalah berdasarkan hasil wawancara penulis
dengan beberapa orang siswa di SMP Negeri 2 Lengayang yang direncanakan akan
dijadikan objek penelitian. Dari hasil wawancara dengan siswa yang kurang
berminat dalam membaca dan menulis sehingga apa bila diberi tugas mereka enggan
dan kesulitan melakukannya. Siswa juga tidak mampu membaca dan memahami karya
satra. Sihingga siswa tidak mampu menulis kreatif puisi didalam karya sastra.
Pengunaan EYD yang tidak tepat.
Penelitian
ini dilakukan di SMP Negeri 2 Legayang
Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini untuk memudahkan penulis dalam mengambil data karena sekolah memudahkan
para pelajar berpikir dan sebagai alat berkomunikasi secara tidak langsung. tersebut
merupakan sekolah penulis dulu. Di samping itu, pembelajaran tentang membaca karya
sastra dan menulis kreatif puisi di
sekolah ini belum berjalan lancer. Oleh karena itu penulis tertarik meneliti
disekolah SMP Negeri 2 Legayang Kabupaten
Pesisir Selatan dengan Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan
Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas VII SMP Negeri 2 Legayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat di
indentifikasi masalah penelitian yaitu sebagai berikut:
1. Siswa
kurang berminat dalam membaca dan menulis sehingga apabila diberi tugas mereka
enggan dan kesulitan melakukannya.
2. Siswa
tidak mampu membaca dan memahami karya sastra.
3. Siswa
tidak mampu menulis kreatif puisi.
4. Penggunaan
EYD yang tidak tepat.
C.
Batasan
Masalah
Agar penelitian ini lebih terarah dan dapat mencapai
tujuan yang diinginkan, maka perlu pembatasan masalah sebagai berikut:
1.Siswa
kurang berminat dalam membaca dan menulis.
2.Siwa
tidak mampu menulis kreatif puisi.
Penelitian
ini diarahkan pada Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan
Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
D.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah diatas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagaiberikut:
1. Bagaimana
kemampuan membaca karya sastra siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
2. Bagaimana
kemampuan menulis kreatif puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
3. Bagaimana
Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya
Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan.
E.
Tujuan
Penelitian
Sehubungan
dengan perumusan masalah diatas tujuan peneliti ini adalah mendeskripsikan Hubungan
Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi
Pengumuman Kelas VII SMP Negeri 2
Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebagai berikut:
1. Bagaimana
kemampuan membaca karya sastra siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
2. Bagaimana
kemampuan menulis kreatif puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten
Pesisir Selatan.
3. Bagaimana
Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya
Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan.
F.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian
ini adalah sebagai berikut :
1. Pengalaman
dan bekal pengetahuan bagi penulis dalam mempersiapkan diri sebagai calon
pendidik.
2. Guru
bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya guru kelas VII SMP Negeri 2
Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebagai informasi dalam merancang
pembelajaran.
3. Siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai informasi untuk
mempelajari keterampilan meenulis teks pengumuman dan meningkatkan kemampuan
membaca kritis yang baik dalam menulis.
Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea
Tidak ada komentar:
Posting Komentar