Sabtu, 22 Februari 2014

Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas Vii Smp Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi an menulis. Keempat keterampilan itu saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Membaca merupakan suatu proses yang kompleks dan rumit, serta mengindikasikan bahwa kemampuan membaca itu adalah kemampuan yang spesifik. Menulis merupakan menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang. Sehingga  orang-orang lain dapat membaca grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar tentang keterampilan memabaca dan menulis.
 Keterampilan berbahasa yang akan dibahas yaitu keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan membaca dan menulis sangat diperlukan didalam dunia pendidikan. Karena dengan membaca dan menulis seseorang, khususnya siswa untuk Salah satu contoh yaitu Membaca Karya Sastra dan Menulis Kreatif Puisi
Membaca karya sastra merupakan membaca karya sastra yang ditujukan kepada pemahaman terhadap isinya. Menulis kriatif adalah berdasarkan hasil wawancara penulis dengan beberapa orang siswa di SMP Negeri 2 Lengayang yang direncanakan akan dijadikan objek penelitian. Dari hasil wawancara dengan siswa yang kurang berminat dalam membaca dan menulis sehingga apa bila diberi tugas mereka enggan dan kesulitan melakukannya. Siswa juga tidak mampu membaca dan memahami karya satra. Sihingga siswa tidak mampu menulis kreatif puisi didalam karya sastra. Pengunaan EYD yang tidak tepat.

Penelitian ini dilakukan di SMP  Negeri 2 Legayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini untuk memudahkan penulis  dalam mengambil data karena sekolah memudahkan para pelajar berpikir dan sebagai alat berkomunikasi secara tidak langsung. tersebut merupakan sekolah penulis dulu. Di samping itu, pembelajaran tentang membaca karya sastra  dan menulis kreatif puisi di sekolah ini belum berjalan lancer. Oleh karena itu penulis tertarik meneliti disekolah  SMP Negeri 2 Legayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas VII SMP Negeri 2 Legayang Kabupaten Pesisir Selatan.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat di indentifikasi masalah penelitian yaitu sebagai berikut:
1.   Siswa kurang berminat dalam membaca dan menulis sehingga apabila diberi tugas mereka enggan dan kesulitan melakukannya.
2.   Siswa tidak mampu membaca dan memahami karya sastra.
3.   Siswa tidak mampu menulis kreatif puisi.
4.   Penggunaan EYD yang tidak tepat.
C.    Batasan Masalah
Agar penelitian ini lebih terarah dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan, maka perlu pembatasan masalah sebagai berikut:
1.Siswa kurang berminat dalam membaca dan menulis.
2.Siwa tidak mampu menulis kreatif puisi.
Penelitian ini diarahkan pada Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah diatas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagaiberikut:
1.   Bagaimana kemampuan membaca karya sastra siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
2.   Bagaimana kemampuan menulis kreatif puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
3.   Bagaimana Hubungan Antara Kemampuan  Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. 
E.  Tujuan Penelitian
Sehubungan dengan perumusan masalah diatas tujuan peneliti ini adalah mendeskripsikan Hubungan Antara Kemampuan Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Pengumuman Kelas VII  SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebagai berikut:
1.   Bagaimana kemampuan membaca karya sastra siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
2.   Bagaimana kemampuan menulis kreatif puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
3.   Bagaimana Hubungan Antara Kemampuan  Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. 
F.  Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.   Pengalaman dan bekal pengetahuan bagi penulis dalam mempersiapkan diri sebagai calon pendidik.
2.   Guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya guru kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebagai informasi dalam merancang pembelajaran. 
3. Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai informasi untuk mempelajari keterampilan meenulis teks pengumuman dan meningkatkan kemampuan membaca kritis yang baik dalam menulis.
 

Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...