Jumat, 21 Februari 2014

Hubungan Kemampuan Menyimak Karangan Deskripsi dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan menerima dan memahami isi atau pesan suatu ujaran yang disampaikan penutur dengan bahasa lisan. Keterampilan menyimak diperoleh seorang anak sebelum keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan dasar untuk tiga keterampilan berbahasa lainnya.
Penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam situasi formal maupun tidak formal, tidak pernah setiap aspek bahasa berdiri sendiri dan terlepas dari aspek lainnya. (Arief dan Khairanis, 2002:44). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, aktivitas menyimak memiliki intensitas yang lebih banyak dilakukan siswa disbanding kegiatan berbicara, membaca, dan menulis. Dari awal proses pembelajaran dimulai, siswa melakukan aktivitas menyimak instruksi, perintah, penjelasan, atau pertanyaan dari guru. Saat proses pembelajaran berlangsung, kegiatan menyimak tetap dilakukan. Misalnya, saat guru menerangkan pelajaran, siswa menyimak penjelasan guru. Saat guru menginstruksikan siswa mengerjakan latihan, siswa menyimak penjelasan tentang latihan yang akan mereka kerjakan. Saat diskusi, siswa menyimak diskusi. Dengan kata lain, sampai di akhir kegiatan pembelajaran aktivitas menyimak tetap dilakukan siswa.
Tindak lanjut dari aktivitas menyimak itu, siswa akan berbicara, membaca, atau menulis. Oleh karena itu, keterampilan menyimak harus dibina dan dikembangkan lagi. Keterampilan menyimak sangat berguna untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, baik dalam aktivitas akademik maupun kehidupan sehari-hari.
Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan menuangkan gagasan, ide, inspirasi, atau buah pikiran manusia ke dalam bentuk lambing-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa agar orang lain dapat memahaminya. Ditinjau dari segi pemerolehan, menulis adalah aspek berbahasa keempat yang diperoleh melalui proses pembelajaran di sekolah. Keterampilan menulis sangat terkait dengan keterampilan berbahasa lainnya.
Dalam proses belajar mengajar, siswa dituntut untuk bisa menulis atau membuat tulisan dan tidak hanya memahami teori. Sebagai suatu keterampilan, menulis memerlukan latihan. Keterampilan menulis dapat menentukan keberhasilan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan menulis, seseorang dapat menggambarkan pola pikirannya terhadap ide dan gagasan yang dihasilkannya. Hal ini dapat menjadi tolak ukur kemampuan seseorang dalam berbahasa. Seorang pelajar dituntut terampil dalam menulis, serta menuangkan ide dan gagasan pada sebuah tulisan. Maka, pembinaan dan pengembangan keterampilan menulis siswa menjadi tujuan setiap pengajaran di sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengetahui dan melakukan penelitian bagaimana hubungan antara kemampuan menyimak deskripsi dan kemampuan menulis cerpen. Materi yang akan penulis teliti adalah tulisan deskripsi dan cerpen, karena tulisan deskripsi terdapat juga pada karya fiksi (cerpen). Penulis akan melakukan penelitian ini pada siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan, karena siswa kelas VIII sudah memiliki pengalaman belajar dengan materi tersebut dan di SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan belum pernah dilakukan penelitian tentang hubungan kemampuan menyimak dengan menulis cerpen.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan wawancara informal dengan guru bahasa dan sastra Indonesia di SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan, penulis mengidentifikasi lima permasalahan yang relevan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1) Sulitnya siswa dalam menangkap informasi lisan terutama dalam bahasa formal.
2) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai karangan deskripsi dan cerpen.
3) Sulitnya menggambarkan atau melukiskan sesuatu yang dilihat, didengar, atau dirasakan dengan kata-kata menjadi sebuah cerpen.
4) Sulitnya siswa menulis kalimat dengan struktur yang baik.
5) Belum adanya hasil penelitian mengenai hubungan antara kemampuan menyimak deskripsi dengan kemampuan menulis cerpen. 
C.    Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, penelitian ini dibatasi pada hubungan kemampuan menyimak dengan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah tersebut, maka rumusan masalah ini ada tiga yaitu:
1)   Bagaimanakah kemampuan menyimak karangan deksripsi siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan?
2)   Bagaimanakah kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SLTP N I  Basa Ampek Balai Tapan?
3)   Bagaimanakah hubungan kemampuan menyimak karangan deskripsi dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan?
 E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1) Mendeskripsikan kemampuan menyimak karangan deksripsi siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Bali Tapan.
2) Mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan.
3) Menganalisis hubungan kemampuan menyimak karangan deskripsi dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan.
F. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak berikut ini:
1)   Bagi guru bahasa dan sastra Indonesia di SLTP N I Basa Ampek Balai Tapan dapat memberikan masukan dalam rangka menyempurnakan kegiatan proses belajar mengajar, terutama pembelajaran keterampilan menyimak dan menulis.
2)   Bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan menulis mereka.
3)   Bagi peneliti dapat dijadikan bahan kajian akademik dan pengetahuan lapangan.          

Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 4 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...