Sabtu, 22 Februari 2014

Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Tim Pendengar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Dengan Penerapan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas Xi Sman Xxx?



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Bahasa Indonesia merupakan sarana berfikir logis, analitis, kritis, kreatif dan sistematis serta kemampuan bekerja sama. Keterampilan  berbahasa siswa menjadi tolok ukur kemampuan berpikir siswa. Mengingat peranan bahasa Indonesia sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan komunikasi, maka pemerintah melalui Depdiknas telah melakukan berbagai usaha agar pelajaran bahasa Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Usaha tersebut berupa perbaikan sistem pengajaran bahasa Indonesia seperti penyempurnaan kurikulum, meningkatkan kualitas guru, serta melengkapi sarana dan prasarana. Namun, usaha pemerintah tersebut belum memperlihatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang masih rendah.
Strategi tim pendengar akan membangun semangat tim dengan sebuah kelompok yang sudah kenal satu sama lain. Strategi ini juga menyemarakkan lingkungan belajar aktif dengan memberi siswa kesempatan untuk bergerak secara fisik, berbagi pendapat dan perasaan secar terbuka, dan mencapai suatu yang bisa mereka banggakan.
Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara melalui ujaran.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi Active Learning atau belajar aktif. Strategi belajar aktif merupakan kegiatan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Pada kegiatan belajar aktif, siswa akan mengupayakan sesuatu, siswa menginginkan jawaban atas sebuah pertanyaan dan membutuhkan informasi untuk memecahkan masalah atau mencari cara untuk mengerjakan tugas.
Ada beberapa tipe pada strategi belajar aktif, salah satunya adalah tipe Tim Pendengar. Silberman (2009: 118) menyatakan bahwa “Strategi ini dirancang untuk memajukan pengajaran satu kelas penuh dan merupakan cara-cara baru untuk mengajarkan konsep dan gagasan sulit sehingga siswa bisa memahaminya secara maksimal”. Strategi belajar aktif tipe Tim Pendengar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena membantu siswa agar tetap fokus dalam materi yang diajarkan.  
Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Tim Pendengar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Sman XXX

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah pembelajaran Bahasa Indonesia  kelas XI  SMAN XXX dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1.      Proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru.
2.      Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru.
3.      Siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
4.      Pemahaman konsep siswa  masih rendah.
5.      Masih banyak hasil belajar yang di bawah KKM.
C.  Pembatasan Masalah
Mengingat keterbatasan waktu, tenaga dan kemampuan yang penulis miliki dan agar terpusatnya penelitian ini maka penulis membatasi masalah penelitian yaitu Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Tim Pendengar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Sman XXX
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Tim Pendengar lebih baik daripada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMAN XXX?
E.  Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Tim Pendengar lebih baik daripada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMAN XXX.
F.     Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian, maka manfaat dari hasil penelitian ini adalah:
1.      Menambah pengetahuan dan pengalaman bagi penulis sebagai calon guru Bahasa Indonesia dalam memilih alternatif strategi pembelajaran yang diterapkan.
2.      Informasi dan masukan bagi sekolah agar selalu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran.
3.      Bahan masukan bagi guru Bahasa Indonesia kelas XI  SMAN dalam memilih alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif untuk diajarkan di sekolah.




Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...