BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Salah satu sarana komunikasi adalah
media massa. Media massa merupakan sarana
dan saluran resmi sebagai alat komuniksi untuk menyebarkan berita dan pesan
kepada masyarakat. Selain itu, media massa didefenisikan juga sebagai alat yang
dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan secara serempak kepada
masyarakat luas berkat pendayaagunaan teknologi tertentu. Secara umum media
massa meliputi media cetak dan media elektronik.
Media massa mempunyai peranan yang
sangat penting, diantaranya sebagai alat untuk mencerdaskan bangsa, yakni
sebagai medium pendidikan, alat pemasyarakat bahasa, sehingga mengurangi
kesenjangan bahasa dan materi pengajaran bahasa. Media massa juga memiliki
peran dan fungsi serta sarana untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam
proses pembelajaran di sekolah.
Jika berbicara tentang media massa, saat
ini banyak jenisnya, salah satunya Audio Visual, media televisi. Fungsi
dan loyalitas televisi sangat membantu masyarakat dalam sistem informasi. Di
sisi lain media televisi bisa digunakan
untuk media bahan ajar di sekolah.
Penerapan media televisi dalam
penyampaian pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas akan melatih kemampuan
keterampilan menyimak siswa kelas XI SMA Negeri I Kapur IX. Proses menyimak
terkait dengan unsur komunikasi, yaitu (a) pengirim pesan, (b) penerima pesan,
(c) isi pesan, (d) alat penyampaian pesan, (e) tempat berlansungnya proses
komunikasi atau konteks komunikasi.
Alat atau media penyampaian pesan
mempengaruhi proses dan hasil penyusunan pemahaman penyimak, karena alat atau
media merupakan sarana yang menghubungkan antara pengirim pesan, pesan, dan
penerima pesan. Media yang terlalu sederhana atau tidak memadai akan
mengakibatkan tidak keefektifan pesan yang disampaikan, sehingga kuantitas dan
kualitas pesan yang diterima penyimak tidak seimbanng dengan kuantitas dan
kulaitas pesan yang dikirim oleh pengujar.Sebaliknya, media yang terlalu rumit
atau kompleks, juga akan mempersulit penyimak dalam menerima isi pesan.
B. Identifikasi
Masalah
Berdasarakan uraian di atas banyak aspek
yang dapat dikaitkan dengan keterampilan menyimak, yaitu (1) jenis menyimak
berdasarkan proses dan kemampuan dalam menyimak, (2) proses penyusunan
pemahaman dalam menyimak, (3) keterkaitan menyimak dengan keterampilan
berbahasa.
C. Pembatasan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah,
penelitian dibatasi atau difokuskan kepada jenis menyimak berdasarkan kemampuan
keterampilan menyimak siswa dengan penerapan Audio Visual pada kelas XI SMA
Negeri I Kapur IX.
D. Perumusan
Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut: (1) apakah penerapan media televisi dalam proses
pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas XI
SMA Negeri I Kapur IX, (2) bagaiamanakah kualitas keterampilan menyimak siswa
kelas XI SMA Negeri I Kapur IX setelah
dilaksanakan proses pembelajaran dengan penerapan Audio Visual.
E. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian ini adalah (1) dengan
penerapan media televisi apakah dapat menunjang proses keterampilan menyimak
siswa kelas Xi SMA Negeri I Kapur IX, (2) memperoleh hasil penerapan media
audio visual dalam proses pembelajaran keterampilan menyimak siswa kelas XI SMA
Negeri I Kapur IX,
F. Manfaat
Penelitian
Hasil penelitian ini sangat diharapkan
dapat bermanfaat bagi semua pihak, (1) peneliti sendiri, umtuk menjawab
pertanyaan yang memang ingi tahu tentang kemampuan keterampilan menyimak siswa
dengan penerapan Audio Visual, (2) pendidik, di bidang Bahasa dan sastra
Indonesia, khususnya SMS Negeri I Kapur IX sebagai masukan dalam meningkatkan
kemampuan keterampilan menyimak siswa kelas XI SMA Negeri I Kapur IX, (3)
peserta didik, sebagai media dalam memotivasi diri dalam proses pembelajaran
keterampilan menyimak, (4) peneliti yang lain, sebagai informasi dan
perbandingan dalam melakukan penelitian.
Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 3 silahkan inbok ke https://www.facebook.com/orion.nadeea
Tidak ada komentar:
Posting Komentar