Sabtu, 22 Februari 2014

Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang komplek, untuk memperoleh suatu perubahan yang baru secara keseluruhan. Proses belajar dapat terjadi diluar dan didalam lingkungan sekolah, yang dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang sekaligus sebagai sumber belajar dalam konteks pemikiran belajar seumur hidup. Kegiatan belajar ini tidak dibatasi dengan ruang dan waktu tetapi juga tidak dibatasi dengan sumber belajar.
Sangat disadari pentingnya memperoleh informasi melalui membaca, pengetahuan, keterampilan, minat, dan kegemaran membaca dapat dikembangkan pada setiap orang sejak dini, mungkin dilembaga pendidikan dengan berbagai cara sangat diharapkan menjadi suatu kegemaran dan kebiasaan sehingga menjadi suatu kebutuhanyang perlu di penuhi.
Dalam pengajaran membaca faktor minat menduduki posisi yang penting, karena minat dalam membaca sangat penting. Pendidik sering beranggapan bahwa minat baca itu tidak perlu ditumbuhkan oleh pendidik di sekolah, tetapi cukup dari orang tua saja. Pendidik jarang menggunakan waktunya menilai atau mencoba mengetahui minat siswanya.
 Timbul karena yang diinginkan siswa hanya memahami atau menerima informasi dari lingkungan. Mengembangkan minat baca siswa hendaknya dilakukan pada saat pendidikan berlangsung. Supaya tujuan membaca tercapai, maka diperlukan waktu untuk membaca. Dengan memahami minat baca siswa, pendidik dapat memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan minat baca siswa untuk memahami minat baca siswa dapat dilatih dengan cara-cara yang bervariasi, misalnya membacakan atau menceritakan suatu isi bacaan sehingga dapat menarik hati para siswa untuk membacanya sendiri (Tarigan, 1990:103-104).
Minat baca merupakan suatu keinginan yang kuat disertai dengan usaha-usaha siswa untuk membacanya. Siswa yang mempunyai minat baca yang tinggi akan mendapatkan bahan bacaan dan kemudian membacanya atas keinginan hatinya sendiri.
Oleh karena itu penulis menitik beratkan pada aspek kebahasaan yang dilihat dari pemahaman isi bacaan yaitu : kemampuan memahami isi/ gagasan pokok bacaan, dan kemampuan memahami bahasa.
Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk meneliti tentang “Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan”.  
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah ini maka identifikasi masalah difokuskan pada jenis membaca. Jenis membaca menurut Tarigan (1994:22-29) antara lain: membaca nyaring dan membaca dalam hati. Membaca dalam hati terdiri dari membaca ekstensif yang terdiri dari membaca survey, sekilas dan dangkal. Selanjutnya untuk membaca intensif terdiri dari membaca telaah isi seperti membaca teliti. Pemahaman, kritis dan membaca ide. Kemudian membaca telaah bahasa yang terdiri dari membaca bahasa dan sastra.
C.    Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas maka masalah dalam penulisan ini di batasi pada jenis membaca pemahaman dengan minat membaca.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah di atas, maka masalah yang akan diteliti dapat di rumuskan sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan?
2.      Bagaimanakah minat baca siswa kelas VIII?
3.      Bagaimana hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan?
E.     Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan”
F.     Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini berguna bagi :
1.      penulis, agar dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran khususnya minat baca dan kemampuan membaca pemahaman
2.      Guru dan calon guru, sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan minat baca siswa
3.      memberikan informasi dan pengembangan bagi peneliti selanjutnya.

                Untuk mendapatkan contoh file proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 4 silahkan inbok kehttps://www.facebook.com/orion.nadeea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

 <h1>Privacy Policy for Ujung Pena Secuil Tinta</h1> <p>At Ujung Pena Secuil Tinta, accessible from https://wigisutrisno.b...