BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Belajar merupakan tindakan dan
perilaku siswa yang komplek, untuk memperoleh suatu perubahan yang baru secara
keseluruhan. Proses belajar
dapat terjadi diluar dan didalam lingkungan sekolah, yang dengan menggunakan
berbagai sumber informasi yang sekaligus sebagai sumber belajar dalam konteks
pemikiran belajar seumur hidup. Kegiatan belajar ini tidak dibatasi dengan
ruang dan waktu tetapi juga tidak dibatasi dengan sumber belajar.
Sangat disadari pentingnya
memperoleh informasi melalui membaca, pengetahuan, keterampilan, minat, dan
kegemaran membaca dapat dikembangkan pada setiap orang sejak dini, mungkin dilembaga
pendidikan dengan berbagai cara sangat diharapkan menjadi suatu kegemaran dan
kebiasaan sehingga menjadi suatu kebutuhanyang perlu di penuhi.
Dalam pengajaran membaca faktor
minat menduduki posisi yang penting, karena minat dalam membaca sangat penting.
Pendidik sering beranggapan bahwa minat baca itu tidak perlu ditumbuhkan oleh
pendidik di sekolah, tetapi cukup dari orang tua saja. Pendidik jarang
menggunakan waktunya menilai atau mencoba mengetahui minat siswanya.
Timbul karena yang diinginkan siswa hanya
memahami atau menerima informasi dari lingkungan. Mengembangkan minat baca siswa
hendaknya dilakukan pada saat pendidikan berlangsung. Supaya tujuan membaca
tercapai, maka diperlukan waktu untuk membaca. Dengan memahami minat baca
siswa, pendidik dapat memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan minat baca
siswa untuk memahami minat baca siswa dapat dilatih dengan cara-cara yang
bervariasi, misalnya membacakan atau menceritakan suatu isi bacaan sehingga
dapat menarik hati para siswa untuk membacanya sendiri (Tarigan, 1990:103-104).
Minat baca merupakan suatu
keinginan yang kuat disertai dengan usaha-usaha siswa untuk membacanya. Siswa
yang mempunyai minat baca yang tinggi akan mendapatkan bahan bacaan dan
kemudian membacanya atas keinginan hatinya sendiri.
Oleh karena itu penulis menitik
beratkan pada aspek kebahasaan yang dilihat dari pemahaman isi bacaan yaitu :
kemampuan memahami isi/ gagasan pokok bacaan, dan kemampuan memahami bahasa.
Berdasarkan uraian di atas penulis
tertarik untuk meneliti tentang “Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten
Pesisir Selatan”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
ini maka identifikasi masalah difokuskan pada jenis membaca. Jenis membaca
menurut Tarigan (1994:22-29) antara lain: membaca nyaring dan membaca dalam
hati. Membaca dalam hati terdiri dari membaca ekstensif yang terdiri dari
membaca survey, sekilas dan dangkal. Selanjutnya untuk membaca intensif terdiri
dari membaca telaah isi seperti membaca teliti. Pemahaman, kritis dan membaca
ide. Kemudian membaca telaah bahasa yang terdiri dari membaca bahasa dan
sastra.
C. Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di
atas maka masalah dalam penulisan ini di batasi pada jenis membaca pemahaman
dengan minat membaca.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah di atas,
maka masalah yang akan diteliti dapat di rumuskan sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten
Pesisir Selatan?
2.
Bagaimanakah minat baca
siswa kelas VIII?
3.
Bagaimana hubungan
minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “hubungan minat
baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan
Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan”
F. Kegunaan Penelitian
Hasil
penelitian ini berguna bagi :
1.
penulis, agar dapat
menambah pengetahuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran khususnya minat baca
dan kemampuan membaca pemahaman
2.
Guru dan calon guru,
sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan
minat baca siswa
3.
memberikan informasi
dan pengembangan bagi peneliti selanjutnya.
Untuk mendapatkan contoh file
proposal penelitian ini secara lengkap bab 1 sampai dengan bab 4 silahkan inbok
kehttps://www.facebook.com/orion.nadeea
Tidak ada komentar:
Posting Komentar